Tips Menentukan Tipe Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaPada saat mulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal tersebut dapat menjadi salah satu elemen utama yang mempertimbangkan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang wajib dipikirkan pertama kali sebelum memilih variasi server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan rumit, sedang, atau cuma diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru bisa menetapkan tipe server yang layak untuk usaha  Anda.

Tips Menentukan Tipe Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam 4 bagian, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari masing-masing server ini? Yuk Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Model server ini sangat cocok untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pemakai computer antara dua puluh sampai seratus orang dapat memilih server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya cadangan untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang lebih cepat. Sebagian, server model ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meski demikian server model ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terkoneksi pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, laman berita, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni model server tertinggi. Server ini dapat menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server lazimnya dibentuk di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berakibat pada performa bisnis, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak bisa menampung pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan usaha rugi secara financial, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menentukan Tipe Server yang Pantas dengan Perusahaan Anda"

Post a Comment