Metode Memilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda

Distributor Hewlett Packard IndonesiaDikala mulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal ini bisa menjadi suatu faktor penting yang menetapkan keberhasilan layanan Anda di masa yang akan datang. Menurut yang harus dipikirkan pertama kali sebelum pilih macam server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk kebutuhan high, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru bisa menetapkan macam server yang layak untuk usaha  Anda.



Saat ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam 4 kelompok, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server ini? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini biasanya diterapkan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount cukup banyak diaplikasikan karena formatnya yang ramping dan mudah ditaruh pada rak server.
Macam server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pengguna pc antara dua puluh hingga 100 orang bisa memilih server jenis ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai daya back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa melakukan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, membatasi cara pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekspansi sehingga dapat meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server model ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Model Blade server tidak memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meski begitu server jenis ini memiliki keunikan tersendiri apabila diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam satu rak saja. Server dengan jenis ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa memakai penyuplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs informasi, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan jenis server tertinggi. Server ini dapat menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan cara pendingin ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang mampu diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berakibat pada kinerja usaha, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi kerja pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kekeliruan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi secara keuangan, kesalahan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Related Posts:

0 Response to "Metode Memilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda"

Post a Comment