Kiat-kiat Memilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaKetika mulai merintis bisnis startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal tersebut dapat menjadi satu elemen penting yang memutuskan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih jenis server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan high, sedang, atau cuma digunakan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa menetapkan jenis server yang layak untuk usaha  Anda.

Kiat-kiat Memilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda


Saat ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam 4 kategori, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Yuk Kita simak lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini umumnya digunakan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diaplikasikan sebab bentuknya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan pusat data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas user computer antara 20 hingga 100 orang dapat memilih server tipe ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle sebagian tugas secara beriringan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang sistem pembagian data, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga bisa meyimpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih cepat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski begitu server tipe ini mempunyai keistimewaan tersendiri jika diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menggunakan suplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya bila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kinerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini bisa menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu pengguna yang bergantung kepada database yang besar.
Server ini lazimnya dipakai oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server model ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang sanggup dipercaya setiap waktu.
Menentukan server yang ideal akan berdampak pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server bisa berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kekeliruan ini mampu mengakibatkan perusahaan rugi secara financial, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Related Posts:

0 Response to "Kiat-kiat Memilih Tipe Server yang Cocok dengan Bisnis Anda"

Post a Comment