Cara Menentukan Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Sewa Server MurahPada saat mulai merintis usaha startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda dipakai. Karena hal ini dapat menjadi sebuah elemen utama yang mempertimbangkan keberhasilan bisnis Anda di masa yang akan datang. Berdasarkan yang sepatutnya dipikirkan pertama kali sebelum memilih tipe server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.



Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan rumit, sedang, atau cuma diterapkan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru bisa menetapkan jenis server yang cocok untuk jasa  Anda.
Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kategori, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server jenis ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah pc atau client yang kecil, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak digunakan karena bentuknya yang slim dan mudah dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat tepat untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna pc antara 20 hingga 100 orang bisa memilih server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara beriringan. Server ini mampu menjalankan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, memegang sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekspansi sehingga dapat menampung lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan besar. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Tipe Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meski begitu server model ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server bisa digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu memakai penyuplai tenaga, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka jika ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini sesuai untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs isu, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yaitu model server tertinggi. Server ini dapat menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server bisa berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang memakainya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berpengaruh pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak menampung kerja pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal pendanaan. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan usaha rugi secara financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menentukan Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda"

Post a Comment