Cara Menentukan Jenis Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard BandungPada saat mulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi satu unsur prioritas yang memutuskan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang seharusnya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum memilih macam server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.

Cara Menentukan Jenis Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Apakah server akan diterapkan untuk kebutuhan rumit, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat memastikan macam server yang layak untuk bisnis  Anda.
Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya diterapkan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diterapkan karena bentuknya yang slim dan gampang ditaruh pada rak server.
Model server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan sentra data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas user computer antara 20 sampai seratus orang dapat menggunakan server macam ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server tipe entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai energi back up untuk menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini mampu mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur sistem pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga sanggup meyimpan lebih banyak data dikala perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server macam ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun begitu server tipe ini mempunyai keistimewaan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini sesuai untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, situs berita, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu user yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang menerapkannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berimbas pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server dapat berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak mengakomodasi pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kekeliruan ini pun didasari oleh pengetahuan yang lemah tentang server.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menentukan Jenis Server yang Layak dengan Perusahaan Anda"

Post a Comment