WASPADALAH!! Kenali 5 Jenis Kejahatan Populer Dunia Maya!!

Internet Service Provider Jakarta - Abad ke 21 adalah zaman dimana globalisasi dan keterbukaan informasi hampir dirasakan di seluruh penjuru negeri. Semakin majunya zaman, makin maju pula manusianya. Dan tak jarang pula banyak kriminal yang seringkali menggunakan dunia maya sebagai basis operasinya. Buktinya banyak penipuan dan kasus kriminal online yang seringkali menimpa netizen awam. Situs - situs diretas dan dibobol, rekening banyak orang dicuri sampai miliaran dolar, akun - akun email dan sosial media juga seringkali jadi sasaran para kriminal ini. Namun apa kita bisa menghindari bahkan mencegah hal - hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi? Mari kita kenali jenis - jenis kejahatan dunia maya yang seringkali terjadi saat ini. CEKIDOT!!

1. Hacking



Hacking atau meretas suatu website, program atau software, sistem keamanan komputer, sistem operasi, dan membobol firewall komputer seringkali terjadi saat ini. Para pelaku hacking atau hacker memang sudah merajalela di zaman kini. Walaupun tidak semua hacker itu jahat, namun harus kita akui bahwa pekerjaan meretas ini benar - benar merugikan kita. Apalagi bagi mereka yang memiliki bisnis besar di bidang website dan programming, pasti akan terasa ruginya. Biasanya tujuan para hacker, terutama golongan black hat adalah mencuri data - data kita dan memanipulasi nya untuk kepentingan mereka sendiri. 

2. Carding



Carding atau pencurian rekening seseorang juga banyak dilakukan oleh para black hat. Mereka suka menyalahgunakan rekening seseorang agar saldo atau tabungan korbannya ditransfer sampai habis ke rekening mereka. Kartu yang seringkali jadi sasaran adalah kartu digital seperti kartu rekening, kartu debit, kartu kredit, dan lain sebagainya. Pelaku carding disebut carder.

3. Spamming



Spamming. Apa yang terlintas di benak kalian begitu mendengar kata " Spam " ? Ya, spam itu artinya " nyampah ". Nyampah disini berarti rajin atau giat mengirimkan iklan atau email yang isinya berupa penipuan. Mungkin pada awalnya kalian akan tertarik, namun begitu dibuka ternyata isinya adalah kita disuruh mengirimkan uang dengan jumlah nominal sekian. Biasanya para bot atau program buatan hacker seringkali nyepam otomatis sampai bikin website bahkan server website jadi down atau tidak bisa diakses. Para pelaku spam disebut juga spammer.

4. Defacing



Defacing atau merubah tampilan suatu website atau situs seringkali terjadi saat ini. Para pelakunya biasa beroperasi secara perorangan dan berkelompok. Tujuan utama dari kejahatan ini adalah pencurian semua data korban. Deface adalah hasil akhir dari cracking. Cracking juga tidak jauh berbeda dengan hacking, namun identik dengan tujuan kepentingan pribadi. Selain dicuri datanya, tak jarang juga data itu diacak - acak sampai rusak berantakan. Biasanya kasus defacing terjadi pada orang - orang yang punya pengaruh besar seperti artis - artis, pengusaha - pengusaha, dan lainnya.

5. Phising



Yang terakhir adalah phising. Phising adalah memancing netizen untuk login di form palsu buatan hacker dengan tujuan menipu dan mengambil-alih akun kita. Biasanya kita akan ditawarkan iklan yang menyuruh kita untuk login ulang ke akun email atau akun sosial media kita, tanpa kita sadari akun itu jadi hak milik mereka. Kalau kita tidak hati - hati, maka data - data kita serta akun kita tidak akan pernah bisa kembali. 

Itulah 5 jenis kejahatan cybercrime yang biasa terjadi saat ini. Saat ini kita harus lebih berhati - hati dalam menggunakan internet, terutama bagi mereka yang memiliki akun sosial media dan banyak data - data penting yang tersimpan pada akun tersebut. Kalau tidak, para hacker akan menyusahkan dan meresahkan kehidupan kita. Mau lebih aman? Jadi hacker juga, namun jadilah white hat. Yakni golongan hacker yang berjuang demi kebaikan dan kepentingan banyak orang. Jangan sombong apabila sudah jadi hacker, karena selalu ada orang yang lebih hebat dibanding kita. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "WASPADALAH!! Kenali 5 Jenis Kejahatan Populer Dunia Maya!!"

Post a Comment