Sebelum Memilih Komputer Perhatikan Dulu Spesifikasinya

data recovery -Komputer server adalah computer yang menggunakan pusat penyimpanan data. dan ada berbagai macam dalam penggunaan computer server yaitu sebgai data storage, web server mail server dan lain sebagainya. Pada tulisan kali ini kita akan sedikit membahas tentang home server dan office server.
Home server adalah jenis server sederhana yang di gunakan sebagai pusat data ( biasanya di pakai dalam rumah ) , sedangkan office server adalah jenis server yang di gunakan sebagi pusat data ( biasanya di pakai di area kantor ).

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang spesifikasi computer yang cocok di gunakan oleh kamu sesuai kebutuhanmu.

Kegunaan computer server
point penting adalah anda harus menentukan apa yang anda harus dalam computer server, jika anda sudah bisa menjawabnya maka anda akan lebih mudah menentukan spesifikasikanya. Dalam kategorinya computer

server terbagi menjadi 2 yaitu :
Home server ( lebih mengarah pengguna yang lebih sederhana ).
office server ( lebih mengarah ke pengguna yang professional ).

Apakah anda ingin menggunakan server Build-Up atau Rakitan ? pilih mana hayoo

Sebelum anda memilih anda harus mengetahui perbandingan yang terdapat build-up dan rakitan..

Computer jenis build up
1. Spesifikasinya tidak bisa di ubah ( sudah tersedia berdasarkan tipe tipe nya ).
2. Harga nya relative mahal .
3. Di desain dengan cara yang khusus ( sudah di pastikan jika online 24 jam masih  tetap kuat ).
4. Tersedia merk yang di pakai sekaligus service center.

Computer jenis rakitan
1. Spesifikasinya bisa anda tentukan sendiri, sesuka  hati anda
2. Harganya lebih murah
3. Dirancang oleh anda sendiri sehingga harus memilih hati hati.
4. Tidak memerlukan service center
5. Merk tergantung komponen.

Bagian yang terpenting dalam spesifikasi computer server.

a.    Processor
untuk computer server sebaiknya anda menggunakan IntelXeon karena jenis ini sangat cocok di gunakan oleh processor, jenis ini di desain khusus untuk server, serta pengaturan stabilitas, cache dan lain sebagainya memang lebih bagus dari processor pada umumnya.

b.    Motherboard
dalam hal ini anda harus menggunakan/memiliki fitur raid karena fitur raid ini dapat di gunakan untuk melakukan back up antar hard disk secara otomatis.

c.    Storage
untuk tempat penympanannya biasanya kita menggunakan Seagate dan western digital . tapi untuk server terdapat dua jenis koneksi ada sata dan sas. Bedanya adalah kecepatan sas lebi cepat dari pada sata.

d.    Memory
untuk home office anda dapat gunakan memory computer, dan umumnya sudah cukup dan lain hanya untuk office server anda bisa gunain memory ECC. Beda nya adalah memory ECC dapat di perbaiki di data yang corrupt dan mencegah terjadinya crash. Maka computer server akan berjalan cukup stabil.

e.    Power supply.
saya sarankan jika anda ingin membeli dan memilih power supply sebaiknya anda memilih power supply yang sangat bagus untuk computer server. Karena power supply terus menerus dan stabil , jika tidak hard disk akan mudah riusak dann power supply pun akan juga rusak. Biasanya server tidka boleh terganggu jika terganggu maka di pastikan akan merusak dan bahkan tidak dapat di gunakann lagi.]

f.    Casing.
untuk memiliki casing home office supaya sirkulasi bagus dan tidak panas, merk yang anda bisa pakai dan gunakan adalah merk home office color master atau simbadda. Sedangkan untuk office server anda bisa menggunakan casing tower atau rak.

Related Posts:

0 Response to "Sebelum Memilih Komputer Perhatikan Dulu Spesifikasinya"

Post a Comment